Kamis, 08 Maret 2012

UANG 2 JUTA YANG BUKAN MENJADI HAK SAYA


Hari ini tanggal 8 Maret 2011, tepatnya ketika istirahat jam makan siang. Saya datang ke kantor cabang khusus salah satu bank di daerah Sudirman-Jakarta dengan maksud mau menyetor sejumlah uang ke rekening saya sendiri. Kemudian teller nge-print buku tabungan saya. Berikutnya saya dan mbak lufi duduk di ruang tunggu banking hall karena masih menunggu teman saya yang lain.
Saya iseng melihat transaksi 4 bulan terakhir di buku tabungan saya. Saya sangat terkejut. Bagaimana mungkin ada uang sebesar DUA JUTA RUPIAH bisa nangkring di buku tabungan saya. Tunjangan tempat tinggal dan gaji sudah dibayarkan ketika awal dan akhir bulan kepada saya. Kedua orang tua saya juga tidak mungkin mengirim uang sebesar itu, walaupun akhir bulan ini panen, tapi saya tahu bagaimana kondisi ortu saya yang pas-pasan. Apalagi dari adik saya, dia bisa bertahan hidup di ITB karena dapat beasiswa Bidik Misi. Jadi, kedua probabilitas itu sepertinya mustahil. Sementara, saudara dari Ibu dan Bapak saya sepertinya juga tidak mungkin. Mereka tidak seloyal itu untuk memberi uang Cuma-Cuma kepada saya. Saya tanya teman saya, dia tidak mendapat uang 2 juta seperti saya. Wah, kemungkinan ada orang salah transfer nih. Akhirnya untuk memastikan, saya keluar dari KCK lalu menuju ATM untuk memastikan saldo rekening saya.
Hmmm, betapa kagetnya saya. Memang benar, angka itu riil ADA di rekening saya. Saya semakin gusar. Bagaimana mungkin ada uang siluman masuk begitu saja ke rekening trainee seperti saya. Bonus dan insentif jelas belum saya terima karena saya masih seorang trainee. Saya pun segera melanggah ke CS yang kebetulan di tempat itu ada Adis dan Mas Ryan yang sedang ada urusan di CS. Saya pun ikut nimbrung dan bertanya apakah saya bisa mencetak rekening Koran untuk mengetahui asal muasal uang DUA JUTA tersebut.
Setelah menunggu beberapa menit. Saya bisa mengetahui darimana uang itu berasal. Ada kata-kata sebagai berikut:
Salary credit kanpus 2.060.870 tertanggal 8 Maret 2011 User ID ***0229090
Saya langsung bisa menebak bahwa uang tersebut telah dibuku oleh bagian Layanan Keuangan Kanpus Divisi AMK karena kemarin habis on site ke Divisi tersebut.

Beberapa menit kemudian, akhirnya kami sholat dhuhur berjamaaah di mushola gedung 2 lantai 5. Kemudian saya menceritakan perihal uang tersebut. Akhirnya, temen-temen pun bercanda supaya uang tersebut buat makan-makan rame2 aja. Tapi saya berpikir bahwa uang itu BUKAN HAK SAYA dan saya harus mengembalikan secepatnya kepada yang berhak karena jika kita mengambil uang yang bukan Hak kita, maka cepat atau lambat Allah akan mengambil secara paksa uang tersebut entah bagaimana caranya, sungguh itu KuasaNya….
Kemudian saya menghubungi mentor dan kakak angkatan dari divisi AMK. Mereka menyarankan saya untuk menghubungi Divisi Diklat karena saya sebagai trainee masih menjadi tanggung jawab diklat. Sore hari saya menghubungi fasilitator diklat yakni Mas Agung. Mas Agung menyarankan saya untuk menghubungi bagian JPS Divisi Diklat keesokan harinya.

*bersambung….



49 komentar:

Rukun Sinaga mengatakan...

mbak mau tanya itu uang yang ditransfer dari salary crediting memang uang untuk diri sendiri atau ada yang salah ba transfer?

Afif Witdiyanto mengatakan...

gmn cara mengembalikannya?

Ummi Salamah mengatakan...

Sya jg ada bru dpat sms salary crediting ...kemna sy harus ngembalikannya...

Ummi Salamah mengatakan...

Sya jg ada bru dpat sms salary crediting ...kemna sy harus ngembalikannya...

Arfan rokan mengatakan...

apa kesambungan ceritanya...

Arfan rokan mengatakan...

mbak jd sambungan ceritanya apa? saya ingin tau

Sakar Azhuri Temarwut mengatakan...

Saya juga kemarin masuk salary crediting. Dan apa yg harus saya lakukan dengan uang tersebut.

Unknown mengatakan...

Saya juga barusan dapat sms dari bank bri transferan dari salary crediting. Dan saya harus mengembalikan uang tersebut kemana ?

Yassiniar 87 mengatakan...

Uangnya dikembalikan kemana?

Unknown mengatakan...

z mau tanya uang itu dari mana
barusan z dapat transfer dari credityng dan z kaget soalya saldo z bertambah 2 jita z mau tanya uang itu dari mana ato hadia gimana

Unknown mengatakan...

z mau tanya uang itu dari mana
barusan z dapat transfer dari credityng dan z kaget soalya saldo z bertambah 2 jita z mau tanya uang itu dari mana ato hadia gimana

juli arsita mengatakan...

Ini sms banking dr bank bri kan yah untuk salary crediting nya? aku juga baru dapat ini g mnaa ya?? bingung 😧

Anonim mengatakan...

aku juga dapet tgl 20/03/2018 jam 19.40
mungkin coba tanyakan ke tellernya aja

sdn wangunrejo kec Turi mengatakan...

Aku juga baru dpet sms, salary crediting
Haruss gmnaaa yaaaa

Nikita Dewi mengatakan...

Aku juga dapat sms dari salary crediting,

Yassiniar 87 mengatakan...

Udah coba tanya ke cs bri, tp katanya emg itu uang gaji. Padahal g tau gaji darimana. Tanya ke cs nya gimana juga dia nya ga tau

Lailan Sakinah Saragih mengatakan...

Apakah kk penerima gaji pensiunan orang tua ?

Yassiniar 87 mengatakan...

Iya, itu di akun rek nya ibu saya. Kenapa ya?

Lailan Sakinah Saragih mengatakan...

Sama saya juga kak dpt kk, saat ini kk masih menerima gaji setiap bulannya?

Unknown mengatakan...

Sama ini juga ada laporan masuk salary crediting..maksudnya gmna ini yaa

Nurmala Rahmawati mengatakan...

Iya saya barusan juga dapat sms banking yg bilang darii salary crediting dan itu rek. Pensiunan ayah saya. .

Yassiniar 87 mengatakan...

Apa emang itu uang dr pensiunan ya?

Lailan Sakinah Saragih mengatakan...

Kemungkinn ia kak, soalnya saya juga pensiunn alm mamak,,, tp yg sdkit heran saya dpt nominal yg saya dpt lbh besar dr gaji / bulan yg saya dapat... Apakah kk" gtu juga?

rika aziima mengatakan...

sy juga dapat dr salary itu . harus gmn ya?

Yassiniar 87 mengatakan...

#Lailan: iyaa sama, dapatnya lebih besar. Udah coba ditanyakan ke pihak bank? Klo boleh tau dpt transferannya brp ya?
#Rika: mbaknya dr pensiunan juga?

fathur rahman mengatakan...

Saya jg dapat sms dr salary crediting di rekening pensiun orang tua

Nurmala Rahmawati mengatakan...

#lailan iya mbk, saya dapatnya lebih banyak darii gajii perbulannya. .mbknya sdh tanya pihak bank belum??

muzakkir taufiq mengatakan...

Saya jg nih dapet sms dr salary crediting Rp.550.000 msuk di rekening pensiunan ibu saya

Ananta mengatakan...

Baru dapat info dari BRI ternyata yg masuk ditabungan pensiun itu adalah hang muka BAPERTARUM yg dahulu kala sekarang dikembalikan..

Ida Sholehah mengatakan...

Bapertarum itu apa?

Ida Sholehah mengatakan...

Bapertarum itu apa?

Ananta mengatakan...

Bapertarum itu dulu program pemerintah khusus PNS untuk kredit rumah istilahnya TAbungan RUMah disingkat baperTARUM yg dibayar dari potongan gaji tiap bulan

Yassiniar 87 mengatakan...

Okee makasih banyak infonya kak

Yassiniar 87 mengatakan...

Okee makasih banyak infonya kak

T_lo ## mengatakan...

Orang tua saya juga dapat notife salary crediting. Sedikit lega dapat infonya...

Husaini Kursani mengatakan...

Sama ibu saya juga dapat notif salary crediting dengan nominal yg lebih besar dari gaji pensiunan bapak saya

Unknown mengatakan...

Sms begitu juga masuk hari ini ke tempat ibuk saya..saya juga kaget,awalnya saya berfikir itu uang diambil pihak yg tdk brtanggung jwab kayak kejadian bberapa akhir ini tntg BRI.
Tapi saya lngsung menanyakan ke teman saya yg kerja di BRI TERNYATA ITU adalah tambahan gaji pensiun dari TASPEN.

Arief Noor Hidayat mengatakan...

itu pengembalian apa bantuan per bulan ya ... maksud saya apa dapat tiap bulan sebesar itu

Unknown mengatakan...

Ibu saya dapat juga salary crediting bang, dari Taspen Rek ibu saya... Nominal 2,6xx.xxx saya bingung juga sih dapat kiriman SMS Bangking.. kira-kira benar ngga' itu... Dan harus di Alain bang?? Mohon bantiannya

Anonim mengatakan...

APAKAH YG DISINI YG DAPET SMS SALARY CREDITING ATM NYA DIGUNAKAN UNTUK MASUKNYA UANG PENSIUNAN(PNS)?
saya juga dapet sms demikian,,,ortu saya pensiunan PNS. biasanya klo mau mencairkan uang pensiun kita harus lapor dulu untuk pencairan uangnya.
Tetapi tidak dengan kali ini, uangnya langsung masuk ke rekening. Mending teman2 tanyakan dulu ke pihak bank, jangan sampai kita memakan yg bukan hak kita. Terimakasih

arfis artik mengatakan...

Solary creding sistem pembayaran gaji yang diberikan dari pihak pemerintah dan atau swasta kepada para pensiunan pns dan atau karyawan swasta.

Abiim Abimanyu mengatakan...

Saya juga dapet. Itu juga atm pensiunan bapak saya. Tp kok ga bisa di ambil yah uangnya lewat atm. Ato harus ke bank ngambilnya. Belum sempet nanya ke pihak bank sih, ini lagi cari cari info, lha wong biasanya gaji pensiunan bapak turun akhir bulan kok, ini pertengahan bulan kok dapet dr salary. Gimana kelanjutannya.?

Abiim Abimanyu mengatakan...

Saya juga dapet. Itu juga atm pensiunan bapak saya. Tp kok ga bisa di ambil yah uangnya lewat atm. Ato harus ke bank ngambilnya. Belum sempet nanya ke pihak bank sih, ini lagi cari cari info, lha wong biasanya gaji pensiunan bapak turun akhir bulan kok, ini pertengahan bulan kok dapet dr salary. Gimana kelanjutannya.?

Aulia Ulva mengatakan...

Saya jg slh stu penerima gaji pensiunan dr ibu. Saya pikir karena sistem BRI yg memang lagi eror.. Ternyata banyak yg dapat sms salary crediting juga.. Terimakasih infonya sangat membantu.. Krn blm smpat ke bank

rifqi najwan mengatakan...

Apakah ini masuk tiap bulan?

LIDYA RORING mengatakan...

Selamat pagi saya dapat sms banking dr salary crediting sebesar 2jutaan tapi serta langsung di cek ternyata tidak ada uang itu karna di pikiran saya mungkin gaji ato bonus dr perusahaan sdngkan no rek sy blm smpt kasih di pt

gatut mengatakan...

Teman² saya juga dapat sms :
SALARY CREDITING Rp 135.000,00
Kira itu uang tambahan untuk guru swasta atau gmn ya???

Unknown mengatakan...

Lah saya dapat 3.000.000 dari sal crediting

Dede Irwan Rosyid mengatakan...

Hari ini masuk ke rekening saya sebesar 50 RB tapi saya bukan karyawan dan gak punya pensiunan

Posting Komentar

 
;