Sabtu, 16 November 2013

Kuliner Khas Gombong: Gethuk Singkong Dalam Kuah Soto


Mau bersantap dan bingung menentukan pilihan? Ini nih ada pilihan instan… Ada soto yang unik nan yummy menurut saya. Selama saya keliling kota dari Jakarta, Bandung, Semarang, Yogya, Kudus, Blora, Pati, dan terakhir ini di Gombong untuk dinas maupun jalan-jalan sambil icip-icip kulinernya. Baru kali ini saya menemukan Soto yang menurut saya aneh. Secara tekstur rasanya hampir sama dengan soto pada umumnya. Soto berkuah santan dengan dilengkapi suwiran daging ayam, suwiran kubis, bihun, dan kecambah dari kacang ijo, krupuk dari singkong yang udah dihancurkan plus gethuk singkong. Sambalnya dari sambal kacang. Maknyusss kan? Kalau pengen lebih lengkap bisa dengan nasi atau lontong tinggal pilih.

Kenapa aneh? Yak kok bisa gethuk singkong bisa nyemplung di kuah soto ini. Ketika saya bertanya dengan salah satu rekan kerja di Gombong. Dia bilang itu ada supaya kita kenyang. Hah, jawaban ngasal saya kira tuh. Ini kenapa juga soto disandingin dengan sambal kacang. Biasanya kan sambal kecap. Yup,  ini memang khas Soto sini deh.

Kalau mau nambah sama lauknya ada daging ayam yang utuh nih. Lihat ada kepalanya. Trus ada ‘brutu’-nya. Yang katanya orang rasanya ‘kenyil-kenyil’ enak tapi saya gak pernah mau nyoba, hehehe…
Cukup Rp 8.000 perak bro… (Plus lontong waktu itu)

Berminat? Datang aja ke warung Pak Min Soto di depan RS Palang Biru Gombong di Jalan Kartini, Kec. Gombong, Kab. Kebumen kalo sedang bisa mampir. Btw, ini bukan iklan loh ya… Cuma saya suka nyoba-nyoba makanan dan berbagi kepada para penikmat kuliner J Buka setiap sore sampai dini hari. Salam kuliner!


0 komentar:

Posting Komentar

 
;